Sunday, April 29, 2012

Preprocessing



Preprocessing merupakan tahapan awal dalam mengolah data input sebelum memasuki proses tahapan utama dari metode Latent Semantic Analysis (LSA). Preprocessing text dilakukan untuk tujuan penyeragaman dan kemudahan pembacaan serta proses LSA selanjutnya (Aji P., Baizal SSi. and Firdaus S.T., 2011). Preprocessing terdiri dari beberapa tahapan. Adapun tahapan preprocessing berdasarkan (Triawati, 2009) , yaitu: case folding, tokenizing / parsing, filtering, stemming. Berikut penjelasan empat tahapan dalam proses preprocessing adalah sebagai berikut.

1.                       Case Folding
Case folding merupakan tahapan yang mengubah semua huruf dalam dokumen menjadi huruf kecil. Hanya huruf ‘a’ sampai dengan ‘z’ yang diterima. Karakter selain huruf dihilangkan dan dianggap delimiter (pembatas)(Triawati, 2009).Contoh penggunaan case folding adalah sebagai berikut.

                  data input                                                    hasil case folding

Penjelasan:
Input
Output
Kalimat/kata input dari pengguna
Kalimat/kata input menjadi huruf kecil serta tanpa karakter lain selain karakter huruf ‘a-z’


2.               Tokenizing
Tahap tokenizing / parsing adalah tahap pemotongan string input berdasarkan tiap kata yang menyusunnya(Triawati, 2009). Selain itu, spasi digunakan untuk memisahkan antar kata tersebut.

                           data input                                      hasil tokenizing / parsing

Penjelasan:
Input
Output
Kalimat/kata input hasil dari proses case folding
Kumpulan kata

3.            Filtering
Tahap filtering adalah tahap mengambil kata - kata penting dari hasil tokenizing. Proses filtering dapat menggunakan algoritma stoplist (membuang kata yang kurang penting) atau wordlist (menyimpan kata penting). Stoplist / stopword adalah kata-kata yang tidak deskriptif yang dapat dibuang dalam pendekatan bag-of-words. Contoh stopword adalah “yang”, “dan”, “di”, “dari” dan lain – lain.(Triawati, 2009).
        
 
              data input                                                       hasil filtering

Penjelasan:
Input
Output
Kumpulan kata hasil dari proses tokenizing/parsing
Kumpulan term yang siap untuk diolah dengan proses svd
 
4.               Stemming
Stemming merupakan suatu proses yang terdapat dalam sistem IR yang mentransformasi kata-kata yang terdapat dalam suatu dokumen ke kata-kata akarnya (root word) dengan menggunakan aturan-aturan tertentu (Agusta, 2009). Stemming kebanyakan digunakan pada teks berbahasa inggris dikarenakan teks berbahasa inggris memiliki struktur imbuhan yang tetap dan mudah untuk diolah sementara stemming untuk proses bahasa Indonesia memiliki struktur imbuhan yang rumit / kompleks sehingga agak lebih susah untuk diolah.
Algoritma stemming untuk teks berbahasa Indonesia, diantaranya: Algortima Porter, Algoritma Nazief & Adriani. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan(Agusta, 2009), kesimpulan dari perbandingan antara Algoritma Porter dengan Algoritma Nazief & Adriani, adalah:
1.              Proses stemming dokumen teks berbahasa Indonesia menggunakan Algoritma Porter membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan stemming menggunakan Algoritma Nazief & Adriani.
2.              Proses stemming dokumen teks berbahasa Indonesia menggunakan Algoritma Porter memiliki prosentase keakuratan (presisi) lebih kecil dibandingkan dengan stemming menggunakan Algoritma Nazief & Adriani.
3.              Pada proses stemming menggunakan Algoritma Nazief & Adriani, kamus yang digunakan sangat mempengaruhi hasil stemming. Semakin lengkap kamus yang digunakan maka semakin akurat pula hasil stemming. Kamus yang digunakan mempengaruhi perhitungan presisi. Semakin lengkap kamus yang digunakan maka semakin akurat pula nilai presisinya. Contoh penggunaan stemming:

         

1 comment: